Senin, 17 Mei 2010

Cara Baru Ber-Novena Roh Kudus


Ada yang baru dalam gerakan Novena Roh Kudus di KAJ 14-22 Mei 2010 yang akan datang. Gereja paroki-paroki tak hanya menyelenggarakan Novena Roh Kudus dan Perayaan Ekaristi selama sembilan hari berturut-turut. Tapi, paroki-paroki juga menggerakkan umat secara pribadi, dalam keluarga maupun ibadat lingkungan dan kelompok, menyiapkan batin dalam pelbagai “cara lain” untuk menyambut kedatangan Roh Kudus. Bagaimana konkretnya?

Menurut pantauan DeKo, paroki-paroki se-Dekenat Pusat dan paroki Toasebio (Dekenat Jakarta Barat I) menerbitkan leaflet-leaflet doa Novena pribadi untuk umat yang tidak sempat mengikuti Novena Roh Kudus dan Misa di gereja. Sedangkan paroki-paroki se-Dekenat Jakarta Barat II menggerakkan ibadat menyambut Roh Kudus di lingkungan-lingkungan.

Menjangkau Lebih Banyak Umat
Menurut Pst. Yohanes Subagyo Pr, Vikjen KAJ, cara-cara lain selain Novena Roh Kudus dan Misa yang terpusat di gereja tersebut bertujuan menyapa lebih banyak umat, di keluarga maupun pribadi-pribadi, atau di lingkungan dan kelompok kategorial, yang mungkin tidak sempat mengikuti Misa Novena Roh Kudus di gereja paroki.

“Sifat gerakan rohaninya tidak hanya mengumpulkan banyak orang dan memusatkannya di gereja paroki, melainkan meluaskan gerakan batin umat sebanyak mungkin dalam menyiapkan diri menyambut kehadiran Roh Kudus,” jelasnya.

“Mari Bekerjasama Melawan Kemiskinan”
Sejumlah paroki menyesuaikan tema Novena Roh Kudus tahun ini dengan tema Aksi Puasa Pembangunan (APP), yakni “Mari Bekerjasama Melawan Kemiskinan”.

Paroki-paroki se-dekenat Jakarta Barat II menjabarkan tema tersebut dalam sembilan subtema, dengan intensi mohon bantuan Roh Kudus untuk memotivasi umat agar lebih peduli pada kaum miskin dan membantu mereka di pelbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan dan pekerjaan. Sementara itu, paroki Cideng (dekenat Jakarta Barat I) menjabarkan tema tersebut dalam tujuh Karunia Roh Kudus yang yang dikaitkan dengan upaya melawan kemiskinan. [Felix Iwan Wijayanto]

Sumber: http://kaj.or.id/index.php?option=com_content&task=view&id=126&Itemid=50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar